22 Mei 2020

Pilihlah Kendaraanmu untuk Pergi Belajar!

 Bismillahirrohmanirrohiim

Maha Suci Allah yang ilmu-Nya tiada banding, Yang Maha Menciptakan lagi Maha Memelihara,Yang Mencukupi Segala Ciptaannya.

“Tidakkah kamu memperhatikan bahwa Allah telah menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi untuk (kepentingan) mu dan menyempurnakan nikmat-Nya untukmu lahir dan batin. ... .[QS. Luqman (31):20]

            Allah Subhanahu wa Ta’ala meluaskan lautan. Di dalamnya terkandung kekayaan laut yang berlimpah. Di laut hidup beragam hewan laut yang dapat kita makan, beragam tumbuhan laut, juga terumbu karang. Dari laut dapat kita peroleh garam, mutiara, juga minyak bumi. Allah tundukkan pula lautan sebagai tempat berlayarnya kapal-kapal untuk dikendarai. Allah berfirman: “Tuhanmulah yang melayarkan kapal-kapal di lautan untukmu, agar kamu mencari karunia-Nya. Sungguh,  Dia Maha Penyayang terhadapmu.” [QS. Al-Israa (17):66]. Lautan diciptakan Allah untuk kepentingan hidup manusia.


     Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan bumi sebagai hamparan  yang kokoh untuk tempat manusia tinggal.   Manusia belajar, berjalan, bercocok tanam, dan beraktivitas lainnya di bumi. Jalan-jalan untuk perhubungan antar daerah dibuka agar manusia bertemu, saling kenal, saling belajar, dan berniaga. Allah berfirman: “(Tuhan) yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu, dan menjadikan jalan-jalan di atasnya bagimu, dan yang menurunkan air (hujan) dari langit”. Kemudian Kami tumbuhkan dengannya (air hujan itu) berjenis-jenis aneka macam tumbuh-tumbuhan.” [QS. Thaahaa (20): 53]



Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan langit sebagai atap bumi. Allah berfirman: “Allah-lah yang menjadikan bumi untukmu sebagai tempat menetap dan langit sebagai atap. ...” [QS. Gaafir (40): 64]. Di  dekat permukaan bumi, Allah anugerahkan lapisan udara troposfer. Lapisan ini mengandung banyak oksigen untuk nafas manusiaDi lapisan ini pula, Allah izinkan pesawat terbang sebagai kendaraan manusia.


  Ketahuilah, Allah ilhamkan kepada manusia dan menolongnya agar mampu membuat beragam kendaraan pengangkut manusia, hewan, dan barang. Lihatlah ada beragam kendaraan di sekelilingmu, bukan? Di laut ada kapal, perahu, rakit. Di darat dapat Kau temukan kendaraan apa saja? Kendaraan yang bergerak di udara, apa saja? 

Insya Allah, di masa depan akan ada kendaraan baru yang berhasil Kau buat atas pertolongan Allah. Allah berfirman bahwa Dia menciptakan apa yang tidak diketahui manusia: “dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, untuk kamu tunggangi dan (menjadi) perhiasan. Allah menciptakan apa yang tidak kamu ketahui.” [QS. An-Nahl (16):8].


Alhamdulillah.

 Lihat pula: https://erde-matabaru.blogspot.com/2019/01/mengenal-allah-yuk-nak-seri-al-aliim.html

Tidak ada komentar: