18 Oktober 2013

Pasta Warna Widyantara untuk Melukis dengan Jari

Melukis dengan jari merupakan aktivitas melukis yang memanfaatkan jari jemari. Aktivitas ini bersifat eksploratif sehingga sangat baik untuk merangsang seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Saat anak menggerakkan jemarinya maka otot-otot motorik halusnya menjadi terlatih.  Imajinasi dan fantasi anak akan berkembang, serta menumbuhkan pemahaman anak tentang terbentuknya warna-warna baru.

Beberapa anak mungkin "takut" untuk memulai menyentuhkan jemarinya pada pasta warna. Bila hal ini terjadi, cobalah awali dengan langkah berikut:
Langkah ke1: sediakan air dalam baskom dan beberapa lembar kertas putih
Langkah ke2: ajaklah anak untuk mencelupkan jemarinya dalam air di baskom
Langkah ke3: angkat jemari dari air dalam baskom
Langkah ke4: ajak anak menggoreskan bebas jemarinya yang basah di kertas.
Bila anak telah merasa nyaman, ajaklah untuk mulai menyentuhkan jemarinya pada pasta warna.
Beberapa anak mungkin benar-benar enggan menyentuh pasta warna dengan alasan yang beragam, jangan paksakan. Tawarkan untuk mengenakan sarung tangan karet atau sarung tangan plastik. 

Mari mulai melukis dengan Pasta Warna Widyantara. Caranya tuangkan beberapa tetes Pasta Warna Widyantara pada permukaan kertas lukis atau plastik lukis. Tuangkan warna-warna yang dikehendaki, boleh posisi bertumpuk atau terpisah. Sepenuhnya serahkan pada anak tentang teknik menggerakkan jemarinya.

Berilah anak kesempatan berulang-ulang membuat lukisan jari. Pada akhirnya, anak akan mengetahui beragam teknik menggerakkan jemari, beragam bentuk lukisan serta warna yang dihasilkan.

Sesungguhnya aktivitas melukis dengan jari dapat juga dilakukan oleh anak-anak pada penjang sekolah dasar hingga sekolah lanjutan, bahkan orang dewasa.

Pasta Warna Widyantara tersedia di Taman APE Widyantara.



Melukis dengan Jari, yuk...

Salam BERDAYA!

Tidak ada komentar: