18 Maret 2011

"BUMI KITA SEPERTI PUZLE" (seri 2)

Mengapa Terjadi Tsunami?

Pada edisi 1 Bumi Kita Seperti Puzle, kita telah mengetahui mengapa terjadi gempa bumi dan bagaimana guncangan gempa bumi menjalar.

Pada edisi kedua, kita akan mengetahui, mengapa terjadi tsunami. Tsunami selalu terjadi setelah gempa bumi yang pusat gempanya berada di dasar laut. Namun tidak semua gempa bumi yang pusat gempanya di dasar laut akan disertai tsunami.



Mari lihat gambar. Patahan di dasar laut itulah yang menggerakkan air laut di atasnya. Semakin besar kekuatan patahan, berarti semakin besar energi yang menggerakan air laut, maka semakin besarlah guncangan air laut. Perpindahan energi dari patahan itulah yang membentuk gelombang laut yang melaju ke darat sebagai tsunami.

Gelombang tsunami melaju sangat cepat. Di laut dalam, kecepatannya bisa melebihi 800km per jam. Bagaimana dengan tinggi gelombang? Semakin ke pantai, tinggi gelombang meningkat bisa mencapai 10m. Hal itu karena gelombang melaju dari laut dalam menuju pantai sehingga menyebabkan gesekan gelombang dengan dasar laut jadi meningkat. Hantaman air serta beragam benda yang terbawa aliran gelombang tsunami itulah yang menyebabkan kerusakan serta korban.

Gempa bumi yang berpusat di dasar laut dapat disebabkan oleh terjadinya patahan, letusan gunung api bawah laut, atau hantaman meteor di bawah laut.


Sumber gambar: harian Kompas.


Salam BERDAYA!

Tidak ada komentar: