08 Juli 2012

JUMPA RAMADHAN






Mengumandangkan semangat Ramadhan kepada anak-anak, tentunya perlu kita lakukan menjelang Ramadhan tiba.

Menjelang Ramadhan hingga sepanjang Ramadhan, mereka akan melihat, mendengar dan mengalami hal-hal yang berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Sebagai pendidik anak usia dini, tentunya jeli untuk menjadikan Ramadhan sebagai "pintu masuk" meningkatkan keimanan, ketaqwaan serta kecerdasan anak.

Pada bulan Ramadhan, telinga anak-anak makin sering mendengar kata "minta maaf", "memberi maaf". Mata mereka pun melihat kita bersalaman untuk saling memaafkan. Mereka sendiri juga mengalami, bersalaman untuk saling memaafkan. Hal ini melatih anak menerapkan dan meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal.

Kemudian cobalah rangsang anak dengan pertanyaan, semisal "kepada siapa kita harus meminta maaf?" "Mengapa kita harus memberi maaf?". Hal ini akan melatihkan anak menerapkan dan meningkatkan kemampuan berpikir logis, berpikir kritis, kemampuan berbahasa.

Coba berikan lagi rangsangan pertanyaan, "bagaimana menurutmu jika meminta maaf kepada ibu sambil memberi bunga?" "dengan cara bagaimana lagi kita bisa meminta maaf?". Hal ini tentu akan merangsang anak untuk berpikir kreatif, sehingga kreativitas anak berkembang.

Nah, mari kita buat daftar kosa kata yang berkaitan dengan Ramadhan untuk diperdengarkan dan diteladankan maknanya kepada anak-anak.

Buku Aktivitas JUMPA RAMADHAN tersedia di Taman APE Widyantara.

Salam BERDAYA!

Tidak ada komentar: