29 Januari 2010

Memperkenalkan Musik kepada Anak


Seseorang dapat menggubah sebuah lagu bila memiliki pengalaman mendengar musik dan membuat musik. Memperkenalkan musik kepada anak semenjak dini sangatlah dianjurkan. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan musik kepada mereka. Pertama, perdengarkan beragam bunyi. Hal ini untuk membuat anak-anak menyadari adanya bunyi dan membantu mereka belajar mendengarkan. Kedua, doronglah anak-anak untuk bereksperimen membuat bunyi sambil menggerakkan tubuhnya.

Memperdengarkan Bunyi
1. Perdengarkanlah bunyi dari beragam benda kepada anak-anak. Biarkan mereka melihat bendanya dan mengetahui bunyinya; lalu

2. Mintalah anak-anak menutup mata. Perdengarkan bunyi benda-benda tadi. Minta mereka menyebut nama benda yang dibunyikan.

3. Perdengarkan bunyi yang berlainan yang bisa ditimbulkan dari sebuah benda, misalnya kertas dirobek, diremas, atau digesek-gesek.

Banyak benda-benda disekeliling kita yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan beragam bunyi pada anak-anak.

Eksperimen Membuat Bunyi

1. Memanfaatkan tubuh sendiri: pertemukan atau saling gesekkan gigi atas dengan bawah; sentakkan lidah dari langit-langit mulut; jentikkan jari; gesekkan kedua tangan; atau pukul-pukul paha.



2. Gunakan tutup-tutup botol yang diuntai pada kayu.

3. Masukkan kacang, macaroni, kancing dalam kotak korek api atau botol.

Salam BERDAYA!

Tidak ada komentar: