12 Maret 2009

Sepasang Boneka ....untuk Apa???


Hampir seluruh peserta pelatihan Alat Permainan untuk Perkembangan Sensorimotor belum pernah melihat sepasang boneka seperti ini sebelumnya. Bagaimana dengan Anda? Sebagai pendidik anak usia dini, bagaimana memanfaatkannya agar berfungsi sebagai alat permainan edukatif?



Dalam pelatihan, para peserta berkesempatan melakukan eksplorasi bermain dengan sepasang boneka berbeda kelamin. Tujuan eksplorasi adalah mendapatkan pemahaman tentang hal-hal yang terstimuli bila anak bermain dengan sepasang boneka berbeda kelamin. Kami sajikan beberapa pemahaman hasil eksplorasi peserta:
1. pemahaman anak tentang diri (AKU) berkembang: laki-laki atau perempuan
2. anak memiliki pengetahuan tentang mandi, yaitu seluruh bagian tubuh perlu disabun
3. menumbuh kembangkan perasaan kasih sayang dalam diri anak
4. anak memiliki pengetahuan bahwa seluruh bagian tubuh perlu dikeringkan setelah
mandi
Saat kepada peserta kami berikan handuk dari bahan kain yang berbeda, maka...
5. anak memiliki pengetahuan bahwa ada kain yang menyerap air dengan baik dan ada
yang tidak.

Bagaimana bila diberikan beberapa jenis pakaian, misalnya celana pendek, rok, blus, serta kaus. Hal apa yang akan terstimulasi pada diri anak?**

Pendidik tercinta, cobalah berikan sepasang boneka berbeda kelamin kepada anak didik Anda. Anda akan mengetahui betapa alat permainan ini mampu menstimulasi perkembangan beragam aspek kemampuan dasar anak. Fasilitasi kegiatan bermain dengan beragam alat dan bahan pendukung. Pilihlah yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak.


**Izinkan kami mengetahui gagasan Anda. Poskan melalui "komentar". Terima kasih, Anda BERDAYA!

Tidak ada komentar: