12 Maret 2011

"BUMI KITA SEPERTI PUZZLE" (edisi 1)

Mengapa Ada Gempa Bumi?

Kulit bumi terdiri atas sejumlah lempeng yang sambung menyambung seperti puzle. Lempeng-lempeng bumi selalu bergerak, karena lempeng mengapung di atas cairan mantel bumi.


Lempeng-lempeng tersebut saling bertabrakan, sehingga yang satu dapat menekan lempeng yang lain ke bawah, atau yang satu menjadi terlipat, atau keduanya bergerak saling bergeseran dengan arah berlawanan.

Pergeseran antar lempeng itulah sumber gempa yang mengguncangkan dunia dan menimbulkan petaka. Getarannya kita rasakan sebagai gempa bumi. Guncangan karena pergerakan lempeng-lempeng bumi disebut gempa tektonik.



Mari lihat gambar atas dan bawah. Bidang yang berwarna-warni menunjukkan lempeng-lempeng bumi. Bidang yang digambar dengan tinta hitam menunjukkan area benua. Cobalah temukan kepulauan Indonesia, letaknya di pertemuan 3 lempeng: pacific, indo-australia dan eurasia. Kondisi ini menyebabkan wilayah Kepulauan Indonesia sering dilanda gempa Bumi.







Bagaimana Guncangan Menjalar?



Sumber gempa atau tempat mulainya gempa disebut pusat gempa. Tanah tepat di atas pusat gempa disebut episentrum. Getaran gempa menjalar dari pusat gempa hingga ke episentrum. Di episentrum inilah guncangan terasa sangat keras hingga bisa menimbulkan kerusakan. Getaran gempa melemah ketika menjalar semakin jauh dari pusat gempa/episentrum.

Pernahkan merasakan guncangan gempa bumi? Kita harus selalu mempersiapkan diri menghadapi guncangan gempa yang datangnya selalu tiba-tiba.

Referensi:
1. News Letter "Teacher Planet"
2. Scripps Institution Of Oceanography "Earth Like a Puzzle"
3. Widya Wiyata Pertama "Beginilah Kerjanya"
4. Kamus Visual, QA International

Sumber gambar:

1. dua gambar pertama: Scripps Institution Of Oceanography "Earth Like a Puzzle"
2. gambar terakhir: Widya Wiyata Pertama "Beginilah Kerjanya"

Salam BERDAYA!

Tidak ada komentar: