02 September 2010

4 Langkah Meningkatkan Kreativitas Anak

Sesungguhnya setiap anak memiliki peluang untuk kreatif, karena Tuhan yang Maha Esa menganugerahi kreativitas kepada setiap anak yang dilahirkan. Merupakan tanggung jawab kita untuk meningkatkan kreativitas anak, dari waktu ke waktu.

Apa yang dapat kita lakukan agar kreativitas anak meningkat? Mudah sekali!
Mari lakukan 4 langkah berikut.

#1 PERCAYALAH PADA KEMAMPUAN ANAK.
Tunjukkan bahwa kita percaya pada kemampuan anak. Beri anak kesempatan untuk melakukan sesuatu sesuai kemampuan dan imajinasinya. Berilah rangsangan positif pada anak. Sebagai contoh, bila anak mewarnai pohon dengan warna merah, lebih baik kita bertanya padanya, "mengapa pohon ini berwara merah?" Pertanyaan ini akan merangsang anak untuk menceritakan imajinasinya sekaligus merangsang untuk terus berpikir kreatif.

#2 DUKUNGLAH ANAK.
Seorang anak memiliki keinginan besar untuk berkreasi, mengekspresikan kemampuan serta imajinasinya. Dukunglah keinginan baik itu. Beri anak kesempatan untuk melakukan apa yang diinginkan. Motivasilah untuk mencapai apa yang diinginkan, tanpa memaksa. Sebagai contoh, bila anak ingin mengikuti lomba melukis dengan jari, dukunglah meski kita tahu ia tidak dapat melukis dengan baik. Motivasilah untuk terus berlatih, walau ia tidak dapat memenangkan lomba. Kita mendukung anak untuk berani dan terus berusaha lebih kreatif.

#3 SEDIAKANLAH FASILITAS PENGASAH KREATIVITAS.
Selalu sediakan benda-benda yang dapat mengembangkan imajinasi serta memperkaya wawasan. Contoh benda-benda tersebut adalah perlengkapan mewarna dan melukis, perlengkapan melipat dan menempel, buku cerita bergambar, buku pengetahuan bergambar. Beri anak kesempatan menggunakan benda-benda tersebut untuk mewujudkan imajinasinya serta memperkaya imajinasinya. Bagaimana bila ruangan menjadi berantakan dan kotor? Kondisi ini meruapakan pintu bagi kita untuk mengenalkan arti tanggung jawab, dengan cara mengajak anak membersihkan dan merapikan kembali. Bila anak merasa kebutuhannya untuk berkreasi didukung, maka dengan senang hati ia akan mendukung anda membereskan ruangan.

#4 AJAKLAH ANAK MELIHAT MENDENGAR DAN MENGALAMI HAL BARU.
Luangkan waktu untuk mengajak anak berkunjung ke beragam tempat. Meuseum, kebun raya, kebun binatang, taman rekreasi, pantai, pegunungan, perkampungan. Ajaklah anak berkunjung ke berbagai tempat tersebut. Semakin beragam yang dilihat, didengar dan dialami akan mengasah kehalusan perasaan anak serta memperkaya wawasan anak. Hal ini sangat baik untuk perkembangan kerativitas anak.

Sudahkan 4 langkah itu kita lakukan?
Mari kita lakukan dari waktu ke waktu.


(foto: dokumentasi Taman APE Widyantara: Lukisan karya Femi Azalia, 5 tahun)

(model Pasta Warna Widyantara: Dhea Kharisma Ardelia)

Pasta Warna Widyantara dapat dibeli di Taman APE Widyantara.


Salam BERDAYA!

Tidak ada komentar: