06 November 2009

Mari Memotivasi Anak Bermain Balok


Mari amati foto bangunan balok ini.

Bangunan ini dikatakan memiliki bentuk serta hubungan antar balok, meski sederhana. Disusun menggunakan beragam jenis balok, ada balok unit, balok aksesori, balok khusus juga balok pelengkap.

Bila kita merujuk pada tahapan bermain balok, berarti sang penyusun telah berada pada tahap tertinggi dalam bermain balok. Bangunan ini akan kian kompleks bila ia terus diberi kesempatan bermain balok, disertai penambahan jumlah dan ragam balok.

Setiap anak bisa mencapai tahap tertinggi dalam bermain balok, bila kita bersungguh-sungguh memotivasi mereka.

Inilah Balok Unit, Balok Aksesori, Balok Khusus, serta Balok Pelengkap.

Balok-balok ini dalam warna asli kayu agar anak-anak lebih memfokuskan pada bentuk bangunan yang akan didirikan. Masing-masing jenis balok memiliki beragam bentuk demi mendukung terwujudnya imajinasi dan kreativitas mereka.

Tidak semua anak tertarik bermain dengan balok-balok ini. Melalui pengamatan, kita akan bisa mengetahui penyebabnya. Sebagian besar anak tidak tertarik karena warna dan bentuk balok-balok itu tidak berhasil menginspirasi mereka untuk menjadikan sebagai alat permainan.


Menarik minat anak bermain balok, bisa diawali dengan memberi mereka balok berwarna-warni. Tersedia beragam balok warna-warni dalam ukuran lebih kecil dibanding Balok Unit.

Dua contoh balok warna-warni ini untuk digunakan secara individual. Kegiatan bermain balok akan lebih nyaman bila dilakukan di meja. Berikan motivasi, bila perlu dampingi hingga anak-anak memiliki gagasan dalam menggunakan balok untuk bermain.











Balok dalam warna natural kayu juga tersedia dalam ukuran kecil. Bisa diberikan secara bergantian dengan balok warna-warni. Tujuannya mempersiapkan anak-anak untuk beralih ke Balok Unit.





Bermain balok penting bagi anak-anak, karena mereka akan:
a. mengenal dan belajar tentang beragam bentuk & ukuran, konsep, kosa kata
b. menjadi sangat kreatif
c. berlatih memperkuat ingatan visual
d. berkesempatan membangun rasa bangga, empati, kemandirian

Setiap anak berhak mencapai tahap tertinggi dalam bermain balok.
Mari memotivasi mereka untuk senang bermain balok.

Jangan ragu menghubungi Taman APE Widyantara untuk informasi tentang balok.

Salam BERDAYA!

Tidak ada komentar: